Suka Duka Mahasiswa Setelah Merasakan Euforia Wisuda, Apakah Kamu Juga Merasakannya?

Spread the love

Setelah berjuang melewati ragam pahit dan manisnya kegiatan kuliah, mulai dari sibuk mengerjakan tugas, pusing ketika belajar sebelum ujian, hingga proses penyusunan skripsi yang kerap kali membuat stress. Namun pada akhirnya, kamu juga akan merasakan euforia wisuda bersama teman-teman seperjuanganmu yang telah sama-sama melewati perjuangan di masa kuliah.

Tapi, euforia wisuda sebetulnya hanya bisa dirasakan sebentar, masih ada suka duka lain yang pasti akan dirasakan. Apa saja suka duka tersebut?

 

  1. Rasa Senang, Bangga Dan Lega Setelah Wisuda

Siapa yang tidak senang ketika akhirnya hasil jerih payahnya terbayar dengan predikat wisudawan? Apalagi jika kamu berhasil mendapatkan gelar cumlaude, pasti senangnya bukan main! Ditambah lagi ketika semua keluarga dan sahabat datang ke acara wisuda sambil membawakan buket bunga mawar yang spesial untukmu.

 

  1. Setelah Jadi Wisudawan, Langsung Beralih Menjadi Jobseeker

Rasa senang dan bangga setelah mendapatkan gelar wisudawan jangan disimpan terlalu lama, ya. Ijazah dan bunga wisuda boleh saja masih dipajang di rumah, tapi jangan lupa setelah wisuda akan ada tantangan baru lagi yang lebih berat. Bagi kamu yang memilih untuk mejalani karir, maka setelah wisuda bersiaplah untuk membuat resume atau curriculum vitae yang menjadi syarat utama untuk melamar pekerjaan. Disini kamu juga akan tertantang untuk memilih jenis pekerjaan apa yang kira-kira cocok dengan passion atau dengan jurusan kamu.

 

  1. Pertama Kali Mendapatkan Panggilan Kerja Pasti Bikin Hati Senang

Menunggu panggilan kerja itu bukan hal yang baru bagi para jobseeker. Dengan bermodalkan CV sebagai media untuk “menjual” diri kita kepada perusahaan, acap kali ada perusahaan yang tidak merespon CV kita, mungkin karena banyaknya persaingan atau CV kamu memang tidak cocok dengan kualifikasi perusahaan. Sehingga wajar sekali ketika mendapatkan panggilan pekerjaan pertama rasanya akan sangat menyenangkan.

 

  1. Sedih Ketika Teman Kuliah Sudah Punya Kerja, Namun Kita Masih Menganggur

Perjuangan setiap orang ketika mencari pekerjaan itu berbeda-beda. Ada yang sekali melamar langsung diterima, ada yang masih harus menunggu mendapatkan panggilan pekerjaan padahal sudah banyak mengirimkan CV dan mendapat panggilan wawancara. Hal ini bisa jadi akan menghalangi semangat kamu untuk mencari pekerjaan. Tapi kamu tentunya tidak boleh patah semangat agar bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok !

 

  1. Mendapatkan Pekerjaan Pertama Setelah Menjadi Jobseeker Bikin Senang Bukan Main

Setelah merasakan suka duka melamar dan mendapat panggilan wawancara kerja yang cukup panjang dan sulit serta dengan banyaknya saingan dimana-mana, tentu kamu akan merasakan senang sekaligus terharu ketika akhirnya kamu mendapatkan pekerjaan pertama kamu.

 

Bagaimanapun juga, hidup itu memang tidak pernah datar. Menyelesaikan studi kuliah bukanlah titik akhir, tapi justru menjadi gerbang awal untuk terus berkembang menjadi pribadi yang lebih mandiri dan berdaya. Diatas segala suka duka yang dirasakan setelah euforia wisuda, kita juga harus bersyukur karena banyak juga orang yang tidak bisa merasakan bangku kuliah. Tetap semangat menjalani masa-masa pasca wisuda, ya!

Related posts

Leave a Comment